Well-educated Mother!

Seorang ibu merupakan pengaruh besar bagi kehidupan anak-anaknya, tentu dengan segala kekuatan dan tanggung jawabnya. Kepedulian dan cinta seorang ibu menentukan ke arah mana sang anak akan tumbuh.

Pendidikan adalah salah satu area yang paling dikritisi dari seorang ibu. Dewasa ini, banyak orang berpendapat bahwa seorang ibu hanya harus mengurus anak dan suami di rumah tanpa perlu pendidikan yang tinggi. Namun tahukah anda bahwa tingkat pendidikan seorang ibu mempengaruhi kualitas sang anak?

Seperti dilansir Read Foundation, pendidikan seorang ibu menjadi sangat penting karena mereka bisa menjadi mandiri secara finansial. Ibu dengan pendidikan tinggi juga bisa menjadi panutan bagi anak-anaknya. Namun sebaliknya, jika seorang ibu hidup tanpa pendidikan, kemungkinan besar sang anak akan mengikuti jejaknya.

Tak hanya itu, seorang ibu berpendidikan tinggi bisa menanamkan rasa hormat kepada anak-anaknya dan memiliki banyak kontrol terhadap etika sang anak. Ibu akan memberikan arahan kepada anaknya untuk bisa menghadapi masalah dan menuju kehidupan yang lebih baik.

Tak hanya itu, seperti data yang dilansir Washington Post, angka kematian anak selama 40 tahun terakhir ternyata dipengaruhi dari pendidikan seorang wanita. Untuk setiap kenaikan tingkat pendidikan wanita, sebuah negara mengalami penurunan 9,5 persen kematian anak.

Salah satu peneliti dari Universitas Washington juga mengatakan bahwa pendidikan sang ibu mempengaruhi gaya hidup sehat sang anak.
Seorang ibu berpendidikan baik tahu mana vaksin yang benar, mengetahui gejala sakit sang anak sehingga bisa membawa mereka ke klinik lebih awal dan mengerti teori terkait sanitasi di rumahnya. Hal tersebut tentu saja meningkatkan kualitas hidup sehat sang anak.

Tulisan ini sudah saya tulis di situs MerahPutih.com. Mengingat perbincangan saya dengan seorang sahabat semalaman bahwa seorang wanita lebih baik di rumah saja, tok! Jelas saja sebagai wanita saya kurang setuju. Tapi saya akhirnya menemukan sedikit dari banyak jawaban terkait pendidikan seorang ibu. Tentunya dimulai dari sedikit riset situs-situs terpercaya :)

Comments

Popular Posts